5 3
images/blog/apa-itu-pneumatic-1.jpg

Sebagian besar dari kita mungkin tidak mengenal “apa itu pneumatic”, padahal setiap hari kita sering menemui alat pneumatic, atau bahkan kita juga menggunakan alat tersebut. Karena ketidaktahuan kita tentang pengertian pneumatic, jadi kita sering tidak menyadari hal tersebut. Di tempat umum, jalanan, bahkan proses pembangunan, mereka sering memakai produk tersebut setiap hari. Jadi, setiap hari di depan mata kita sendiri, banyak sekali aktivitas yang menggunakan pneumatic, namun kita kurang memperhatikan atau bahkan karena kita hanya melihat hasil dari proses tersebut tanpa melihat komponen atau alat kerja nya. Nahh, jadi sebenarnya apa sih pneumatic itu?

Sistem pneumatic dapat dioperasikan dengan menggunakan valve, cylinder, bahkan pompa pada kompresor dimana angin yang terdapat di dalam kompresor disalurkan pada valve, cylinder untuk membuat mesin menjadi bergerak.

Pneumatic merupakan teknik yang menggunakan tekanan udara atau gas untuk menggerakan sebuah mesin supaya berjalan/berfungsi.

Berikut ini sistem pneumatic dasar :

  1. Kompresor, merupakan pompa pada kompresor udara yang digunakan untuk menyalurkan angin ke sistem pneumatic lainnya.
  2. Check Valve, merupakan valve yang hanya memiliki 1 arah, menghindari aliran balik ke kompresor.
  3. Akumulator, tempat untuk menampung udara dan mencegah adanya tekanan angin yang seketika melonjak.
  4. Directional Valve, alat untuk mengatur aliran angin yang disalurkan dari akumulator, dan masuk pada directional valve melalui port input, directional valve memiliki exhaust angin yang digunakan untuk pembuangan angin yang tidak dibutuhkan. Directional Valve juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu directional valve automatic yang menggunakan listrik, dan directional valve manual yang menggunakan tenaga mekanik untuk mengoperasikannya.
  5. Actuator/Cylinder, proses akhir dimana energi angin dari kompresor yang sudah disalurkan akan menyebabkan actuator/ cylinder ini mengeluarkan as atau piston nya untuk mendorong beban atau mengangkat beban.

apa-itu-pneumatic-2.jpg

DIMANA PNEUMATIC BIASA DIGUNAKAN ?
Pneumatic ini hampir ditemukan dibanyak jenis mesin dan sering digunakan pada industri pabrik, automotif, konstruksi bangunan, rumah sakit dan lainnya. Pneumatic banyak digunakan disekitarmu dalam berbagai hal, dan saat kamu menyusuri jalanan kota, tanpa kamu sadari bahwa banyak sekali kegiatan yang menggunakan pneumatic.

dimana-pneumatic-digunakan.jpg

Contohnya seperti pintu otomatis yang biasa terdapat di bis dan perkantoran, pneumatic dapat dimanfaatkan untuk buka dan tutup nya pintu dengan memencet button yang tersedia. Hal ini juga memanfaatkan tenaga pneumatic. Atau pernahkah Anda mendengar Pompa Sepeda? Nahh, hal tersebut juga memanfaatkan tenaga pneumatic untuk mengisi udara pada ban, dorongan pompa dan aliran angin yang masuk ke ban dinamakan proses pneumatic. Pemadam kebakaran, kompor, dan alat rumah tangga lainnya yang biasa kita jumpai setiap hari, juga menggunakan proses pneumatic. Nahhh, banyak bukan kegiatan yang menggunakan proses pneumatic, dan tanpa kita sadari hal tersebut adalah kegiatan sehari-hari kita.

TENTANG PENULIS

Jessica Doe

Vestibulum accumsan finibus eros sit amet egestas. Vestibulum at quam faucibus, sollicitudin in.