5 3
images/blog/aplikasi-selang-polyurethane-1.jpg

Selang Polyurethane merupakan selang angin untuk kompresor dimana hanya dapat digunakan pada tekanan 10 bar atau 1 Mpa atau 150 psi. Selang ini hanya cocok pada suhu udara 10-50o Celcius. Selang polyurethane ini sangat beda dengan selang air yang ditemui pada rumah-rumah, selang ini hanya dikhususkan untuk lewatnya udara pada tekanan tertentu. Kita tahu bahwa tekanan air dari kran tidak beraturan dan tinggi, jadi selang ini tidak cocok untuk digunakan pada air yang memiliki tekanan besar dan tidak beraturan.

BERAPA SAJA UKURANNYA?
Mengenal ukuran selang polyurethane yang dijual di toko pneumatic. Kita tahu bahwa kebutuhan volume udara setiap kegiatan berbeda-beda, maka dari itu perusahaan internasional memproduksi selang dari ukuran yang sangat kecil sampai ukuran terbesar. Ada 2 ukuran yang harus diketahui setiap kali kita akan membeli selang polyurethane, kita harus mengetahui ukuran diameter dalam atau ID atau Inner Diameter, dan ukuran diameter luar atau OD atau Outer Diameter.

  • ID = Ø2mm , OD = Ø4mm
  • ID = Ø2.5mm , OD = Ø4mm
  • ID = Ø4mm , OD = Ø6mm
  • ID = Ø5mm , OD = Ø8mm
  • ID = Ø6.5mm , OD = Ø10mm
  • ID = Ø8mm , OD = Ø12mm
  • ID = Ø10mm , OD = Ø14mm
  • ID = Ø12mm , OD = Ø16mm

ALAT APA SAJA YANG MENGGUNAKAN SELANG POLYURETHANE?? Karena fungsi dari selang ini digunakan untuk menyalurkan udara dengan maksimal tekanan 10 bar, maka semua alat yang menggunakan kompresor dengan pengaturan tekanan 10 bar pasti akan menggunakan selang ini untuk menyalurkan udara dari kompresor ke alat yang dituju.

aplikasi-selang-polyurethane-2.jpg

Selang polyurethane ini juga memiliki bentuk lain, ada model lurus ada juga model seperti spring atau per, biasa digunakan untuk semprot air yang bertekanan 10 bar, biasanya ditemui di bengkel cuci motor, atau bengkel reparasi motor dan mobil.

aplikasi-selang-polyurethane-3.jpg aplikasi-selang-polyurethane-4.jpg
TENTANG PENULIS

Jessica Doe

Vestibulum accumsan finibus eros sit amet egestas. Vestibulum at quam faucibus, sollicitudin in.