5 3
images/blog/komponen-hidrolik.jpeg

Sistem Hidrolik adalah teknologi yang memanfaatkan zat cair (Fluida) biasanya berisi oli, untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Pada dasarnya sistem hidrolik menganut prinsip jika suatu zat cair (fluida) dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya.

Sistem hidrolik banyak di gunakan pada mesin perkakas, pembangkit tenaga, kendaraan, Pesawat terbang, kapal laut, pesawat angkat dan alat berat, militer dan masih banyak lagi pengaplikasian dari sistem tersebut. Sistem hidrolik ini memiliki beberapa bagian atau komponen yaitu:

1. Motor (Penggerak Utama)

Motor pada sistem hidrolik adalah penggerak utama yang menggerakkan pompa bisa manual tenaga manusia, motor bakar atau motor listrik. Sebagai sumber utama pada penekanan tekanan fluida maka sebelum dilakukan penyaluran fluida ada baiknya menggunakan komponen filter supaya oli yang di salurkan memiliki sedikit resiko merusak komponen pada sistem.


2. Pompa

Pompa pada sistem Hidrolik berfungsi untuk merubah energi mekanik menjadi tekanan fluida hidrolik dan memberikanan tekanan kerja pada sistem hidrolik.

3. Mekanisme Kendali

Mekanisme pengaturan pengendali berupa valve. valve pada sistem hidrolik terdiri dari beberapa valve pengatur tekanan. yaitu; Safety Valve, Reducing Valve, Squence Valve.


4. Elemen Penggerak

Elemen yang bekerja adalah bagian yang merubah energi Hidrolik ke energi mekanik yaitu berupa piston atau motor hidrolik. Pada bagian ini bisa disambungkan dengan pisau potong, bending atau rolling, mesin pres juga bisa di terapkan kok pada ujung aktutaor (silinder hidrolik).


5. Tanki /Resevoair (tempat menyimpan minyak)
Setiap sistem hidrolik mempunyai reservoir. Reservoir berfungsi untuk:
a. Menyimpan oli.
b. Pendingin
c. Memisahkan udar dan oli
d. Tempat pompa dan motor






TENTANG PENULIS

Jessica Doe

Vestibulum accumsan finibus eros sit amet egestas. Vestibulum at quam faucibus, sollicitudin in.